Menjaga kesehatan paru-paru

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Halo kawan, aku kembali lagi ni mau ngasih tips buat kalian bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru
Sebelumnya aku mau tanya ni, apa yang kalian ketahui tentang paru-paru?

Paru-paru merupakan organ pada sistem pernafasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Manusia memiliki dua paru-paru yaitu paru kiri dan paru kanan. Paru kiri memiliki dua lobus sehingga ukurannya lebih kecil dari paru kanan yang memiliki tiga lobus.

Paru-paru yang sehat mampu menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah sehingga memberikan dampak bagus bagi tubuh agar bisa bekerja dan melakukan aktifitas dengan baik. Paru-paru merupakan organ yang sangat berperan dalam sistem pernapasan bagi manusia. Jika terjadi sesuatu pada paru-paru atau organ ini berfungsi kurang baik, maka bisa berakibat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menaikkan risiko terkena penyakit paru-paru lainnya. Tentunya salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan tidak merokok. Namun selain itu, ada 5 cara lain yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

1. Rutin Melakukan OlahragaUntuk sebagian orang, melakukan olahraga adalah hal yang sulit. Padahal dengan rutin melakukan olahraga banyak manfaat yang bisa didapat. Maka dari itu, mulailah berolahraga secara bertahap. Dengan minimal melakukannya sebanyak 3 kali selama seminggu, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau jogging.


2. Menjauhi Asap RokokSeseorang yang bukan perokok namun menghirup asap rokok berisiko mengidap penyakit yang sama dengan perokok. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari perokok pasif adalah dengan melarang perokok untuk merokok di dalam rumah, mobil, atau lingkungan kerja.



3. Mencuci tangan lebih sering

Walau terlihat sepele, mencuci tangan merupakan cara paling efektif untuk menghindari paparan virus dan bakteri, termasuk menurunkan risiko penularan virus corona penyebab covid-19. Menjaga kebersihan tangan perlu dilakukan untuk mencegah infeksi terhadap paru-paru.

5. Menggunakan Masker

Polutan di udara dapat merusak paru-paru. Kerusakan paru-paru ini juga lebih rentan terjadi seiring bertambahnya usia karena resistensi terhadap zat beracun berkurang. 

Komentar

Postingan Populer